Ekspresi Bangunan-Banguan di Palembang

Siapa yang tak kenal dengan kota Palembang, sebagai salah satu kota tertua banyak bangunan-bangunan yang sangat menarik.

1. Masjid Agung Palembang

Masjid Agung berdiri kokoh tepat di pertemuan antara Jalan Merdeka dan jalan sudirman, pusat kota Palembang. Masjid Agung Palembang adalah salah satu peninggalan Kesultanan Palembang. Secara keseluruhan bentuk masjid saat ini dipengaruhi oleh berbagai gaya arsitektur, mulai dari arsitektur Melayu khas Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam, hingga Eropa, dan Cina di bagian masjid utama yang beratap seperti kelenteng.

2. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Museum Sultan Mahmud badaruddin II berlokasi di Jalan Museum Sultan Mahmud Badaruddin. Museum ini memiliki peninggalan sejarah mengenai Palembang. Arsitektur bangunannya kombinasi dari masa colonial Belanda dan gaya asli istana Palembang.

3. Benteng Kuto Besak

Benteng Kuto Besak berlokasi di Jalan Sultan Mahmud Badarudin. Benteng Kuto Besak adalah bangunan keraton yang pada abad XVIII menjadi pusat Kesultanan Palembang. Benteng Kuto Besak gaya arsitektur bangunan Perancis.

4. Kampung Kapitan

Kampung Kapitan ini berada di Dermaga Jalan KH. Azhari 7 Ulu, Kecamatan Seberang. Kampung ini merupakan tempat pertama kalinya warga Tionghoa menetap di wilayah Palembang ketika kota tersebut masih ada dalam jajahan Belanda. Rumah di kawasan kampung ini juga mengandung dua pengaruh budaya yaitu budaya Tionghoa dan juga budaya Palembang. Kampung Kapitan memilki nilai seni dan budaya yang terletak pada struktur bangunan.

5. Pulau Kemaro

Pulau Kemaro berada di Sei Selayur, Kalidoni 1 Ilir. Kurang lebih 5 km dari pusat kota. Pulau Kemaro juga disebut sebagai tempat yang melegenda karena cerita unik dan keistimewaannya. Pagodanya memiliki gaya arsitektur yang sangat kental dengan budaya Tionghoa.

6. Gedung Tua Sekanak.

Terletak di 7 ilir Palembang. Dahulu merupakan garis pertahanan pada nzama kesultanan Palembang. Bangunannya yang terlihat tua dengan gaya arsitektur peninngalan menjadi latar belakang berfoto paling digemari oleh milenial di kota Palembang.

 7. Kantor Walikota Palembang

Kantor Walikota berlokasi di Jalan Merdeka No.1. Berdiri kokoh dengan warna cat putih. Bangunan di buat dengan gaya arsitektur Eropa dengan atap datar.

8. Gramedia

Gramedia berlokasi di KM. 7, Jl. Kol. H. Burlian, PalembangGramedia adalah tokoh yang menjual buku dan peralatan ATK. Bangunan arsitektur modern dengan hampir kesuluruhan dinding terbuat dari kaca.

9.Transmart Palembang 

Transmart Palembang berlokasi di Jalan Radial, 26 Ilir, Palembang. Transmart Palembang adalah sebuah pusat perbelanjaan dan kawasan perkantoran di kota Palembang. Gaya bangunan Modern

10. Hotel Zuri

Hotel Zuri berlokasi di Jalan Radial, 26 Ilir, Palembang. Hotel zuri adalah hotel bintang 4. Gaya bangunan yang tiggi dan modern untuk kenyamanan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Yunani Kuno

Byzantium