Pengertian Arsitektur Menurut Para Ahli

Zaman sekarang saat membangun bangunan apalagi gedung tak luput dari jasa arsitek, oleh karenanya perlu lah kita mengetahui, apa sih arsitektur itu ? berikut pengertian arsitektur menurut para ahlinya.

1. Marcus Pollio Vitruvius



Pengertian arsitektur menurut marcus adalah Kesatuan dari kekuatan/kekokohan (firmitas), keindahan (venustas), dan kegunaan/fungsi (utilitas)

2. Banhart CL. Dan Jess Stein 

Berdasarkan keterangan dri Banhart CL. Arsitektur adalah seni dalam menegakkan bangunan tergolong didalamnya segi perencanaan, konstruksi, dan solusi dekorasinya; sifat atau format bangunan; proses membangun; bangunan dan kelompok bangunan.

3. Van Romondt



Arsitektur adalah ruang lokasi hidup insan dengan bahagia. Ruang berarti menunjuk pada seluruh ruang yg terjadi krn diciptakan oleh insan atau pun ruang yg terjadi sebab proses alam laksana gua, naungan pohon dan lain-lain.

 4. Robert Gutman


Arsitektur bahwasannya adalah kulit ketiga manusia. Arsitektur adalahlingkungan produksi yg tidak hanya menjembatani antara insan dengan lingkungan tetapi sekaligus adalahwahana ekspresi kultural untuk mengatur kehidupan jasmaniah,psikologis dan sosial manusia.

 5. Claudil

Pengertian Arsitektur adalah sesuatu yg mempunyai sifat personal, mengasyikkan dan membutuhkan pengalaman. Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan insan terhadap ruang dan bentuk. Ada tiga empiris arsitektur: aspek fisikal, emosional dan keperluan intelektual.

6. Francis DK Ching


pengertian Arsitektur menurut DK ching adalah menyusun suatu tautan yg mempersatukan ruang, bentuk, kiat dan fungsi
.

7. Amos Rappoport

Pengertian arsitektur menurut Amos merupakan ruang lokasi hidup manusia, yg lebih dri sebatas fisik, tapi pun menygkut pranata-pranata kebiasaan dasar. Pranata ini meliputi: tata atur kehidupan sosial dan kebiasaan masyarkat, yg diwadahi dan sekaligus memperngaruhi arsitektur

8. JB. Mangunwijaya


Arsitektur sebagai vastuvidya (wastuwidya) yg berarti ilmu bangunan. Dalam definisi wastu terhitung pula tata bumi, tata gedung, tata kemudian lintas (dhara, harsya, yana)

9. Made AL, Ark. Djauhari S,


Arsitektur adalah karya insan dan guna kehidupan insan pula

 

10. Ben Farmer, Comoditie


Pengertian Arsitektur menurutnya adalah suatu perpaduan praktek seni dengan rangka-rangka yg komplek dri hal masyarakat, teknologi, iklim, dan ekonomi.

 

11. Maclaine Pont


Arsitektur merupakan bagian dri pekerjaan manusia dalam membuat sesuatu guna dirinya supaya keluar dan menundukkan alam.

 

12. Samaly,Yulianto

Definisi arsitektur menurut tokoh samaly adalah penataan sejumlah masa dengan ulung, tepat dan baik srekali digabungkan bareng dalam cahaya mata anda yg dibuat untuk menyaksikan bentuk-bentuk dalam cahaya.


13. Ir. Herman Thomas Karsten


Arsitektur adalah seni yg paling sosial terdapat dengan tidak sedikit jaringan dan material, dipakai untuk industri, guna metode kerja.

Dalam makna yg sempit, arsitektur tidak jarang kali ditafsirkan sebagai ilmu dan seni perencanaan dan perancangan bangunan. Dalam definisi lain, istilah “arsitektur” sering pun dipergunakan guna menggantikan istilah “hasil-hasil proses perancangan”.

Devinisi arsitektur secara umum Jika ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan binaan (artefak) dinamai “arsitektur”, orang yg mempunyai kemahiran dan berkecimpung di dalam bidang itu dinamai “arsitek”. Jadi, arsitek ialah orang yg mempunyai kemahiran dan berkecimpung di dalam ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan binaan (artefak) seperti perencanaan dan perancangan kota, kawasan, lingkungan, lansekap, bangunan, interior, perabot, dan produk.


Sumber : http://dizeen.id/pengertian-arsitektur-menurut-para-ahli

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Yunani Kuno

Byzantium